Labels

Friday, October 19, 2012

Semeru in Memories, 6-12 Juli 2010

catatan Avonturir kali ini copas dari trit ane d Kaskus taun 2010 dengan editan masa sekarang deh… karena sekarang ane dah mulai jarang kegiatan outdoor, iseng-iseng bikin blog deh.. cekidot gan
setelah berpayah-payah dengan pekerjaan yang menumpuk karena pendakian
pada juli awal 2010, akhirnya bisa juga bikin catper ini. kronologi berdasarkan tanggal aja yah.. :malu
4 Juli 2010
21.00 WIB
setelah semua siap, ane berangkat dengan 2 sohib ane yang belum pernah ngedaki gunung -Tholay ma Ali- dari stasiun Pekalongan. kami naik kereta Matarmaja dg 35ribu per-orang. kami berangkat setelah menunggu 2 jam dari jam 19.00 WIB sampe jam 22.10 WIB. Kereta terlambat seperti biasanya kalo musim liburan tiba.
kereta waktu itu belum setertib sekarang gan, Penumpangnya penuh sampe akhirnya kami berdiri di gerbong 3 setelah menaruh 2 keril kami di toilet. :))
5 Juli 2010
01.55 WIB
kereta sampai di Solo, kami bertemu dengan 2 teman dari Solo -Mas Topan n Ilham- yang udah janjian. Mereka bawa 3 keril. Di sini kami masih tetep berdiri juga, penumpang bener2 padet :hammer emang bener2 perjuangan dah...Huft

03.50 wib
Akhirnya kita berlima dapat tempat duduk
di Stasiun Nganjuk setelah berdiri lama.
09.20 wib
Sampailah kami di Stasiun Malang Kotabaru. terlambat dari jadwal kedatangan kereta dikarenakan ada kecelakaan kereta di jalur Jatim (lupa daerah mana.. :hammer). sebelum keluar dari stasiun, kita poto2 dulu mengabadikan kenangan. lanjut dengan mandi dulu di toilet stasiun, ngobrol ama residivis yang baru keluar 4 hari dari bui, lanjut dengan nawar2 angkot jurusan terminal Arjosari Malang, ongkos dari stasiun ke terminal @5.000,- per-orang karena kita bawa barang bawaan gede2... :) (tarif normal Rp. 3.000,- jauh deket). kita di terminal nungguin temen yang berangkat dari Surabaya... lama juga.
12.00 wib
Setelah teman yang dari Sby tiba. kami berenam langsung berangkat ke Tumpang dengan naik angkot warna biru kode TA (Tumpang-Arjosari) @rp.5.000,-.
Sesampai di Tumpang, kami berenam harus menunggu 9 teman perjalanan ke Ranupane karena jeep minta 450 ribu atau @30ribu untuk 15 pendaki.. Ranupane adalah desa terakhir sebelum kita mulai nanjak Semeru... di sini kami bersantai ngobrol ngalor ngidul dengan mas Arif, yang menyewakan jeep2 buat PP Tumpang-Ranupane-Bromo...

18.00 wib
akhirnya genap 15 orang setelah sempat tawar menawar 10 orang @40ribu (ditambah 4 org rombongan dari Jagra Mapala Fak.Ekonomi Unsoed Purwokerto) jadi kami membayar @30ribu seperti kesepakatan semula. 5 orang yang baru datang ternyata sekumpulan 'REM PAKEM' kelas X SMA yang belum tahu persyaratan pendakian Semeru (KTP dan KIR), akhirnya jeep mampir dulu di PUSKESMAS Tumpang. Sialnya, kartu KIR di Tumpang habis, terpaksa menunggu lama lagi nih... :'(

sekitar 20.30 wib
Sampai di Ranupane hari sudah malam dan dingin mulai menusuk sumsum tulang, kami putuskan untuk tidur dulu di rumah pak Tumari setelah mendaftar di kantor TNBTS (Taman Nasional Bromo Tengger Semeru ) dengan syarat membawa semua perlengkapan pendakian, logistik untuk 5 hari, potokopi KTP/SIM, serta surat KIR asli dan potokopinya.

Danau/Ranu Pane

Depan Kantor TNBTS
6 Juli 2010
07.00 wib
Sarapan, packing ulang, poto2.
09.00 wib
Mulai berangkat menuju Ranu Kumbolo, estimasi waktu 4 jam. jalanan awal hanya makadam sampai di pertigaan ambil arah kanan, masih makadam juga. sekitar 50 meteran dari pertigaan kita ambil jalur tanah kecil di sebelah kiri jalan makadam (ditandai dengan patok beton warna kuning). kondisi medan benar2 berbeda dengan 2004 dulu.. sekarang jalur pendakian sudah dipaving..jadi enak.. g seperti dulu yang masih ekstrim banget..
11.00 wib
Kami mulai memasuki daerah Waturejeng.. di pos 3 kami berenam bertemu om Jhon dan putranya, agan Deadhand (kaskuser)..hehehe.. kita berlomba menuju Ranu Kumbolo.
13.00 wib
Sampai di Ranu kumbolo.. santai2 berfoto2, masak, sholat, makan, main2 air sambil cuci peralatan masak.... :D
 nyuci piring kang? wkwkwkwkwk
 Berpose dulu sebelum lanjut ke Kalimati :))

15.00 wib
Kami baru sadar bahwa kami terlena dengan keindahan Ranu kumbolo, rencana awal di Ranu Kumbolo hanya untuk makan siang (hehehe :hammer). Ane sebagai ketua rombongan mutusin harus lanjut jalan lagi menuju Kalimati, estimasi waktu 4 jam. Packing ulang, sholat Asar, poto2, lanjut... ane lupa g pemanasan lagi... [ujung petaka :'( ]
15.30 wib
Tanjakan cinta..... (jangan berhenti n berpaling yooo)
Tanjakan Cinta - Keliatannya sih datar2 aja...
sekitar 16.00 wib
Setelah Tanjakan Cinta terlewati, Oro-oro ombo menyambut di depan mata... masih sama seperti 6 tahun lalu...sabana datar dengan rumput2 tinggi dan kumpulan bunga Lavender.. *_*

Topan dikumpulan Lavender... Segerrr....
 Tholay-Ilham-Topan

TS... heuheu.. (mulai kepayahan)
16.30 wib
Baru memasuki Cemoro Kandang... break..break..  dengkul ane dah g Racing lagi sobat.. :'(  cedera waktu turun dari Merapi kumat.. yang lain ane suruh jalan dulu buat mendirikan tenda... TS ma Tholay break dulu sampe Maghrib.
19.30 wib
Sampai juga ane ma Tholay semua di Kalimati, setelah ane pisah dari tim merangkap sweeper karena gagal dengkul di Cemoro Kandang. 2 tenda kami sudah berdiri berhadapan. kulihat tenda om Jhon, agan deadhand, n porter mereka mas Mistum di dalam pondok Kalimati sudah sepi, alamat mereka menyiapkan fisik untuk muncak dinihari nanti. sambil menunggu makan malam siap dan menimbang2 dengan kondisi tim, akhirnya ane mutusin untuk nunda summit attack besoknya karena dengkul harus direparasi dulu.. :D
21.30 wib
Setelah selesai dinner ane minum habatussauda' (obat dari segala penyakit kecuali kematian :D) sambil berdo'a moga besok sudah baikan lagi ni dengkul...
7 juli 2010
05.00 wib
Tim sudah bangun semua, sholat subuh, nunggu hari terang.. sepi, semua rombongan pendaki sudah naik ke puncak semua kecuali tim kami, kami hanya berdo'a semoga semua selamat sampai turun. karena ga ada acara kecuali pemulihan fisik
 memandangi indahnya Puncak Mahameru dan para pendaki yang terlihat kecil2..
Ambil air di Sumber Mani... 1km sebelah kanan Kalimati
Kami habiskan waktu di Kalimati dan Sumbermani sambil nunggu rombongan lain datang.. biar bisa muncak bareng..semangatnya beda gan! akhirnya datang juga rombongan Jagra Unsoed (4 org) 2 cowok dan 2 cewek juga tim dari IPB (5 org) 2 cewek 3 cowok+1porter gagah. :D
23.45 wib
Kami bangun n prepare to summit attack.. cuma minum en*rg*n, sambil menyiapkan air 1 orang 1 botol a*ua 1 setengah liter seperti saran agan Deadhand. air mineral tadi kita masukkan ke 2 keril ma nasi dendeng untuk bekal Summit Attack!
8 Juli 2010
00.50 wib
Setelah briefing dengan temen2 Jagra Unsoed, Kami bersepuluh berangkat menuju Arcopodo.
ketika sampai Kelik,perbatasan vegetasi... briefing lagi.. karena jalan sudah g bisa ditempuh secara normal kecuali buat yang udah expert... akhirnya kita pakai tali webing buat penahan agar ga jatuh di jurang sekitar Kelik..

Ngantri Webing Om Wendi... wkwkwk
03.00 wib
sampai di cemoro tunggal nan tumbang...
07.30 wib
semua rombongan sampai di puncak mahameru..  kami semua bersyukur bisa menikmati keindahan yang ga bisa digambarin lewat kata2... :)

08.30 wib
Kami semua mulai turun dari puncak.. Pelorotan sambil lari...!!!
09.15 wib
Sampai di shelter teratas Arcopodo (tempat dulu saya menahan dingin menunggu datangnya malam berteman badai pasir) kami menunggu teman2 yang belum turun juga, keasyikan poto2.. cacing2 dah pada demo ni.. persediaan air masih 4 botol besar alias kita g ngebutuhin banyak air minum.
09.45 wib
Teman tak kunjung turun akhirnya ane putuskan langsung ke Kalimati aja. Ribut2 dikit nih gara2 g pada makan di Arcopodo, langsung masak mie instan buat lauk nasi semalam. Selesai makan langsung bongkar tenda, poto2 n lanjut ke Ranu kumbolo pada jam 13.00 wib.
16.30 wib
Sampailah kita berenam di Ranu Kumbolo, Mas Nova langsung nyemplung ke danau.. karena kepanasan di perjalanan dari Kalimati...
kami ngecamp di sini dan berencana besok jam 5 pagi turun untuk ngejar sholat jum'at di Ranu Pane.
06.15 wib
Apa hendak dikata..yang penting punya rencana, ternyata baru bangun jam 5 pagi, akhirnya kami turun jam 08.00 wib
11.00 wib
Sampailah kami di Ranu Pane, beli souvenir sambil ngantri mandi n bagi2 barang2 pribadi. menuju masjid di bawah tuk sholat Jum'at.
15.30 wib
Jeep yang akan membawa kami turun ke Tumpang baru datang setelah dihub. Mas Topan dari waturejeng waktu pulang tadi sekitar jam 10.00 wib. Hanya sinyal T*k*ms*l yang ada di daerah Ranu Pane,itupun harus ke parkiran mobil Ranupane.
18.00 wib
tiba di Tumpang. Setelah berhenti agak lama di pertigaan Bromo ngambil gambar bukit teletubbies dan sekitarnya.

berpose...

Demikian cerita kilas balik dari ane waktu pendakian Semeru 2010... terinspirasi ke sana lagi gara2 baca novel 5cm-nya bang Donny Dirgantara... filmnya juga dah ga sabaran lagi pengen liat nih... nungguin 12-Desember-2012 buat tayang perdana Film 5cm.

Syukurku kepada Allah YME yang telah mengenalkan aku pada alam ciptaannya yang indah di Indonesia tercinta ini.
Sholawatku kepada nabi Muhammad yang telah menginspirasi untuk mentadabburi alam-Nya.
Terima kasihku kepada kedua orangtua atas izin, do'a, dan restunya.
Kepada para sahabat dan teman-teman seperjalanan(kapan2 ndaki bareng lagi yukk Tholay,Ali,Ilham,mas Nova,mas Topan,Simbah,Ephi,wendi,dll) dan tak lupa kepada kawan-kawan OANC Kaskus atas info2 terakhir