Labels

Saturday, October 27, 2012

Kabar Terkini Gunung Marapi

Metrotvnews.com, Bukittinggi:Gunung Marapi yang berada di Kabupaten Tanahdatar dan Kabupaten Agam, Sumatra Barat, kembali mengeluarkan asap pada Sabtu (27/10) pagi. "Asap yang keluar dari gunung setinggi 2.891 meter di atas permukaan laut (mdpl) itu terjadi sekitar pukul 07.00 WIB," kata Jon, seorang warga Sungaipuar, Kabupaten Agam.

Dia menyebutkan, asap berwarna putih tebal tersebut terlihat di sela-sela kabut asap yang menyelimuti gunung. Menurut dia, asap yang dikeluarkan gunung berlangsung sebentar. Setelah itu gunung tidak lagi terlihat mengeluarkan asap karena tertutup kabut.

Warga lainnya, Lembang menyebutkan sekitar pukul 06.00 WIB, gunung juga telihat mengeluarkan asap. "Asap dikeluarkan gunung pada pagi hari sudah berlangsung tiga hari terakhir. Asap yang dikeluarkan gunung tidak terlalu tinggi dan hanya berlangsung sebentar," kata dia.

Sejak terjadinya peningkatan aktivitas pada 3 Agustus 2011, gunung itu hampir setiap hari mengeluarkan asap. Pusat Vulkanologi dan Mitigasi Bencana Geologi masih menetapkan status waspada level II. "Kami yang tinggal di kaki gunung masih diajurkan PVMBG untuk tidak mendaki hingga ke puncak," kata dia.

Salah satu gunung aktif di Sumbar tersebut pada 3 Agustus 2011 sempat mengeluarkan abu vulkanik berbau belerang dengan ketinggian mencapai 1.000 meter. Abu menjangkau sejumlah daerah di Sumbar seperti Agam, Tanahdatar, Padangpariaman, dan Padangpanjang.

Gunung Marapi terakhir kali meletus pada 2005. Dalam kondisi aktif normal, gunung yang berdampingan dengan Gunung Singgalang dan Tandikek itu menjadi salah satu tujuan pendaki dari dalam maupun luar Sumatera Barat.(Ant/BEY)


Update terbaru dari MetroTV.. bagi kawan-kawan yang akan ke sana, sabar dulu yak... :D
kemungkinan setengah tahun lagi baru aman didaki kawan,,, ^_____^ berdo'a dulu lah.. 
Rencananya gw setelah dari Kerinci mau mampir ke gunung ini sekalian... 

No comments:

Post a Comment